Profil Lautaro Martinez yang Absen Lawan Indonesia di FIFA Matchday 2023

Lautaro Martinez

Lautaro Martinez dikabarkan tidak akan bergabung dengan skuad Argentina untuk bertanding dengan Indonesia di FIFA Matchday 2022. Hal tersebut merujuk pada pengumuman 27 pemain tim nasional Argentina yang dipanggil oleh pelatih Lionel Scaloni.

Kabar ini tentunya mengejutkan para penggemar dari pemain yang memiliki julukan ‘el Toro’ tersebut. Bahkan, ketua umum PSSI Erick Thohir mengaku sedikit kecewa dengan pengumuman ini. 

“Ya, ini apresiasi yang luar biasa. Tetapi salah satu pemain yang saya sukai tidak dibawa karena main di Liga Champions,” ucap Erick merujuk pada Martinez melalui konferensi pers pengumuman harga tiket pertandingan Indonesia Vs Argentina, Senin (29/05/2023).

padi55

Menurut Erick Thohir, absennya anggota skuad penyerang Argentina ini dikarenakan Martinez dibutuhkan oleh tim Inter Milan yang akan menjalani laga final Liga Champions kontra Manchester City.

Baca juga: Hasil Thailand Open 2023: Kevin/Marcus dan Maulana/Fikri Lanjut ke Semifinal

“Nama dia [Lautaro Martinez] tidak keluar soalnya,” sambung Erick Thohir.

Namun sebenarnya, siapa itu sosok Lautaro Martinez? Kemudian, apa alasan dari ketidak hadirannya pada FIFA MatchDay 2023?

Karir Internasional dan Prestasi Lautaro Martinez

Lautaro Martinez (INSTAGRAM/LAUTARO MARTINEZ)

Martinez memulai perjalanan di tim nasional Argentina sejak 12 Maret 2018. Saat itu, ia menerima panggilan pertamanya untuk dua pertandingan persahabatan melawan Italia dan Spanyol.

Selama prosesnya di timnas Argentina, Martinez turut berpartisipasi dalam beberapa pertandingan dan bahkan mencetak prestasi. Sebut saja juara pertama di Copa America 2021, Conmebol UEFA Cup of Champions 2022, dan Piala Dunia 2022.

Sementara itu, untuk pengabdiannya kepada Inter Milan, Lautaro Martinez menyumbangkan usahanya dalam kemenangan Inter Milan di Italian Champion 2021, Italian Cup 2022 dan 2023, serta Italian Super Cup 2022 dan 2023. Atas usaha dan permainan baiknya di berbagai liga dan kejuaraan. Martinez mendapatkan Top Goal Scorer pada South American Championship U-20 2017, UEFA Europa League Squad of the Season 2019-2020, dan bahkan nominasi Ballon d’Or 2021.

Latar Belakang dan Perjalanan Lautaro Martinez

Lautaro Martinez (INSTAGRAM/LAUTARO MARTINEZ)

Lahir pada 22 Agustus 1997 di Bahia Blanca, Argentina, pemain dengan nama asli Lautaro Javier Martinez ini kini dikenal sebagai striker kuat untuk klub serie A Inter Milan dan juga berjuang untuk negara kelahirannya di tim nasional Argentina. Lautaro Martinez memulai karirnya pada tahun 2015 dengan bergabung dengan Racing Club. Pertandingan bersejarah bagi Martinez di klub tersebut adalah pada tanggal 1 November 2015 , yaitu ketika Martinez melakukan debutnya dengan masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua untuk Diego Milito dan mengalami kemenangan dengan skor 3-0 atas Crucero del Norte.

Karir Martinez mulai melejit ketika ia bergabung dengan Inter Milan pada 4 Juli 2018. Pada klub tersebut, martinez menyetujui kontrak mengabdi selama 5 tahun. Pertandingan bersejarahnya dengan Inter Milan adalah pada pertandingan Derby della Madonnina pertamanya melawan AC Milan. Pada pertandingan tersebut, Martinez membantu sundulan Matias Vecino sehingga mendapatkan assist dan kemudian diikuti oleh golnya sendiri di babak selanjutnya dan berakhir dengan Inter Milan memenangkan permainan dengan skor 3-1. 

Tahun 2023 adalah tahun kontrak Martinez dan Inter Milan habis. Belum diketahui kemana Martinez akan bermain setelah ini. Namun, desas-desus terdengar bahwa Martinez sedang dilirik oleh Real Madrid.

Kesempatan Langka Lawan Argentina di FIFA Matchday

Indonesia VS Argentina
Indonesia akan lawan Argentina di FIFA Matchday (INSTAGRAM/ERICK THOHIR)

Kunjungan timnas sepak bola Argentina ke Indonesia pada FIFA Matchday mendapat respon yang meriah dari penggemar sepak bola tanah air. Adapun pertandingan tersebut akan berlangsung pada 19 Juni 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Sejak pertama kali dibocorkan oleh jurnalis Argentina Gaston Edul melalui cuitannya di Twitter, pertandingan ‘langka’ ini sontak menimbulkan gunjingan di dunia sepak bola Indonesia. Bagaimana tidak? Timnas sebesar La Albiceleste tidak setiap hari mau bertanding dengan timnas yang bukan dari kelasnya.

Terlebih lagi, tim yang baru saja menjuarai Piala Dunia 2022 lalu ini juga diperlengkapi oleh sang ‘The GOAT’ atau ‘pemain terbaik sepanjang masa’ Lionel Messi pada posisi penyerangnya. Selain Messi, beberapa pemain populer juga siap hadir ke Indonesia seperti Angel Di Maria, Julian Alvarez, Alejandro Garnacho, dan Lautaro Martinez.

Karena itulah, pertandingan ini merupakan kesempatan langka yang beruntung didapat oleh skuad Garuda.

Sampai artikel ini dibuat, belum ada pernyataan resmi dari pihak Lautaro Martinez, Argentina, maupun Inter Milan. Namun, seperti dugaan dari Ketum PSSI Erick Thohir, kemungkinan besar alasan ketidakhadirannya penyerang vital Argentina ini disebabkan oleh pertandingan final dari Liga Champion UEFA antara Manchester City melawan Inter Milan pada Minggu (11/06/2023). 

4 thoughts on “Profil Lautaro Martinez yang Absen Lawan Indonesia di FIFA Matchday 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *