Australia Open 2023: Line-up dan Jadwal Pertandingan Indonesia 

Australia Open 2023

Australia Open 2023 akan resmi dimulai pada 1 hingga 6 Agustus 2023. Merupakan ajang turnamen bulutangkis tingkat dunia, Indonesia tentu menurunkan atlet yang berkemampuan tinggi. 

Tahun ini, Indonesia mengirimkan 19 wakil di seluruh sektor bulu tangkis, yakni 3 atlet tunggal putra, 3 atlet tunggal putri, 6 atlet ganda putra, 2 atlet ganda putri, dan 5 atlet ganda campuran. Adapun hadiah yang dipersiapkan bagi para pemenang sangat menggiurkan, yakni mencapai 420.000 dolar Australia atau sekitar Rp 6,3 miliar. 

Selain itu, Indonesia juga tengah berusaha mengoleksi gelar terbanyak di turnamen ini. Kini, Indonesia masih berada di peringkat ketiga dengan total 18 gelar. Jumlah tersebut cukup jauh dari Australia yang memimpin dengan total 45 gelar. 

Baca juga: Siapa Sosok Dimas Saputra, Pemain Bintang di SEA V League?

Pemain Australia Open 2023 Putra

Anthony Sinisuka Ginting - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Terdapat tiga atlet unggulan yang dikirimkan Indonesia untuk pertandingan ini. Ketiganya yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito. Pada cabang ini, Ginting dinominasikan sebagai salah satu juara favorit. 

Mengutip laman resmi pbdjarum, Ginting berada pada peringkat kedua pebulutangkis tunggal putra terbaik dunia. Kemudian, Jonathan berada di daftar tersebut tepatnya pada peringkat kedelapan. 

Indonesia Kirim 3 Perwakilan Putri

Profil dan Biodata Komang Ayu Cahya Dewi: Agama, Umur, Prestasi - Hits  ZIGI.ID

Di sisi lain, terdapat juga tiga perwakilan Indonesia yang dikirim untuk Australia Open 2023 yakni Komang Ayu Cahya Dewi, Putri Kusuma Wardani, dan Ester Nurumi Tri Wardoyo. 

Sayangnya, pebulutangkis tunggal putri terbaik Indonesia yang menempati peringkat kedelapan dunia, Gregoria Mariska Tunjung, absen dalam pertandingan ini. Mengutip berbagai sumber, ia memang tengah mempersiapkan diri untuk kejuaraan dunia Badminton World Federation (BWF) yang akan berlangsung di Denmark pada 21 Agustus 2023 mendatang. 

Baca juga: Profil David Silva: Legenda yang Pensiun Akibat Cedera Parah

Perwakilan Australia Open 2023 Ganda

CONGRATS ! Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto Jadi Ganda Putra Terbaik di  Dunia Untuk Pertama Kali ! Peringkat 1 Dunia Nih Bos ! | Teras Jabar

Pada sektor ganda putra, Indonesia mengirimkan enam wakil yakni sebagai berikut

  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
  • Sabar Karyawan Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani
  • Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan
  • Leo Rolly Carnando/Daniel Martin
  • Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana
  • Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Fajar Alfian/Rian Ardianto masih menjadi andalan Indonesia pada sektor ganda putra. Hal itu tidak mengherankan. Sebab, pasangan itu kini berada di peringkat satu pemain bulu tangkis ganda putra terbaik merujuk laman pdbjarum

Di sisi lain, ‘duo minions’ alias Kevin Sanjaya/Marcus Gideon pada pertandingan ini kembali absen pada pertandingan ini. Alasan absennya kedua pebulutangkis terbaik Indonesia tersebut dijelaskan oleh sang pelatih, Herry Iman Pierngadi mengutip Detik. 

Baca juga: Selain Ronaldo, Ini Daftar Pemain Top di Klub Arab Saudi

“Ya, Marcus harus naik operasi kaki kanannya, operasi lagi. Kakinya sakit yang kanan, yang lalu kan (kaki) kiri, sekarang yang kanan. Kemarin setelah Indonesia Open memang kakinya sudah sakit memang. Di Singapura pun sudah terasa (sakit) kakinya. Kakinya tidak bisa lincah,” tuturnya pada Sabtu (26/06/2023) lalu. 

Kemudian pada sektor ganda putri, Indonesia mengirimkan dua wakil di babak 32 besar, yaitu Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva.

Lantas, di sektor ganda campuran, Indonesia dipastikan akan memiliki lima wakil sebagai berikut! 

  • Rinov Rivaldi/Pitha Mentari
  • Dejan Ferdinansyah/Gloria Widjaja
  • Praven Jordan/Melati Daeva
  • Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
  • Adnan Maulana/Nita Violina.

Jadwal Pertandingan Australia Open 2023

Selasa, 1 Agustus 2023: Babak 32 besar

Rabu, 2 Agustus 2023: Lanjutan babak 32 besar

Kamis, 3 Agustus 2023: Babak 16 besar

Jumat, 4 Agustus 2023: Babak perempat final

Sabtu, 5 Agustus 2023: Babak semifinal

Minggu, 6 Agustus 2023: Babak final

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *