Serba-Serbi Pertandingan Barcelona Juvenil A lawan Timnas U-17

Barcelona Juvenil A vs Timnas U-17

Timnas U-17 akan bertanding melawan Barcelona Juvenil A pada rabu (02/08/12023) di Stadion Gusti Ngurah Rai, Bali. Uji coba bertaraf internasional ini merupakan bagian dari persiapan Timnas U-17 sebelum menjalani Pemusatan Latihan (TC) di Jerman mendatang. 

“Turnamen ini sangat baik dan positif untuk kami setelah menjalani seleksi pemusatan latihan di Jakarta. Kami sudah melakukan persiapan di Bali dan siap melawan mereka,” kata Bima Sakti, dikutip dari laman PSSI.

Baca juga: Siapa Sosok Dimas Saputra, Pemain Bintang di SEA V League?

Dikarenakan melawan tim pada level klub, maka skuat Garuda akan meninggalkan embel-embel ‘timnas’ pada pertandingan ini. Mereka akan menggunakan nama ‘Garuda United’ pada laga persahabatan tersebut. 

Lewat pertandingan ini, PSSI berharap permainan dan mental pemain Timnas Indonesia akan semakin meningkat mengingat kualitas lawan yang sangat unggul. 

“Saya berharap perkembangan pemain makin oke serta bekal yang baik sebelum melanjutkan pemusatan latihan ke Eropa dan berlaga di Piala Dunia U-17 2023,” tutur Bima Sakti.

Apa Itu Barcelona Juvenil A?

JUVENIL A
Barcelona Juvenil A (FCBARCELONA)

Skuad ini merupakan tim pemuda milik klub Barcelona yang berbasis di Catalunya, Spanyol. Usia para pemain di Barcelona Juvenil A berada di bawah 19 tahun. Tak heran, para tim ini juga kerap dikenal sebagai ‘Barcelona U-19’.

Uniknya, tim ini memiliki markas yang berbeda dengan tim Barcelona loh! Jika Barcelona memiliki Stadion Camp Nou sebagai venue kebanggaannya, maka Barcelona Juvenil A ini memiliki Stadion yang diangkat dari nama legenda mereka sekaligus legenda Belanda, yakni Estadi Johan Cruyff. Stadion tersebut memiliki kapasitas hingga 6 ribu tempat duduk.

Mengutip Suara.com, Barcelona Juvenil A saat ini memiliki 21 pemain untuk musim 2023/2024. Dari pemain yang ada, 5 diantaranya berstatus sebagai pemain asing alias tak memiliki paspor Spanyol, dan memiliki rerata usia di angka 17,3 tahun. Terbilang cukup muda untuk tim yang diklasifikasikan sebagai kelompok umur 19 tahun.

Line-up Pemain Indonesia

Dokumentasi seleksi Timnas U-17 (PSSI)

Mengutip dari laman resmi PSSI, pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, mendaftarkan 34 pemain dalam laga uji coba kontra Barcelona Juvenil A dan Kashima Antlers U-18.

Dari 34 pemain tersebut, terselip beberapa nama nama pemain Sao Paulo U-17, Welber Jardim. Hanya saja, Welber Jardim belum bisa bergabung dengan skuad Timnas Indonesia U-17 karena masih harus membela klubnya. 

Baca juga: Profil David De Gea: Salah Satu Kiper Terbaik di Dunia

Sementara itu, beberapa pemain yang tak asing lainnya juga siap memperjuangkan skor bagi tim Garuda. Sebut saja Muhammad Iqbal Gwijangge, Andrika Fathir Rachman, Rizdjar Nurviat Subagja, Muhammad Kafiatur Rizky, hingga Muhammad Nabil Asyura.

Selain itu, Bima Sakti juga membawa serta para pemain Diaspora alias keturunan. Sebut saja seperti Welber Halim Jardim (Sao Paulo U-17), Aaron Liam Suitela (Bullen Lions FC), Igor Arungbumi Sanders (Jong PSV Eindhoven), dan Altahf Fawwaz Khan (Barcelona Residency Academy).

Sosok Oscar Lopez, Pelatih Barcelona Juvenil A

Entrevista amb Òscar López
Oscar Lopez (BARCA TV)

Baca juga: Australia Open 2023: Line-up dan Jadwal Pertandingan Indonesia 

Hal lain yang banyak disorot dari pertandingan ini adalah sosok pelatih klub Barcelona tersebut, yakni Oscar Lopez. Namanya memang merupakan salah satu yang tersohor bagi para penggemar sepak bola. 

Ia adalah alumni La Masia, akademi Barcelona yang mencetak segudang pesepakbola dunia. Lopez lahir di Cerdanyola, Spanyol, pada 11 Mei 1980. Ia masuk akademi Barcelona pada 1989, kemudian promosi ke Barcelona C pada 1997 dan Barcelona B pada 2000.

Pada 2003 lalu, Lopez juga mendapat tempat di skuad utama Barcelona. Tak heran, ia juga pernah menginjak satu lapangan di saat yang sama dengan pesepakbola terbaik dunia, Lionel Messi. Sebab, Messi juga merupakan salah satu pemain terbaik dari klub Barcelona loh! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *