5 Makan Minuman yang Bisa Bikin Lebih Fokus

Jakarta, Berita55 -- Ada hari-hari saat Anda menjadi pelupa, melewatkan agenda atau hal penting, hingga kurang fokus dalam melakukan kegiatan. Penyebabnya beragam, bisa jadi karena kurang tidur atau mungkin pola makan Anda yang kurang baik.

Pasalnya, sebagaimana dilansir LiveStrong, makanan memainkan peran utama dalam kesehatan otak - ketika Anda makan nutrisi yang tepat, Anda mendorong aliran darah yang baik ke otak Anda.

Untuk membantu menghilangkan perasaan lalai dan tidak fokus, berikut makanan terbaik yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi Anda.

1. Berry

Penelitian telah melihat secara khusus campuran blueberry, stroberi, raspberry dan blackberry untuk fokus.

Ketika sekelompok kecil orang dewasa muda meminum smoothie yang mengandung semua buah beri ini, fungsi eksekutif mereka (ingatan, perhatian, pemikiran fleksibel) meningkat selama 6 jam berikutnya.

Tidak hanya itu, mereka juga menunjukkan akurasi yang lebih baik pada tes kognitif sepanjang hari dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada November 2019 di jurnal Nutrients.

2. Air

Suasana hati dikatakan lebih dipengaruhi oleh dehidrasi ringan daripada kinerja, setidaknya pada kebanyakan orang dewasa.

Tetapi pada populasi yang rentan - seperti anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua - bahkan dehidrasi ringan menghambat fungsi kognitif, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Nutrition and Metabolism pada Juni 2017.

Salah satu cara termudah untuk tetap terhidrasi adalah dengan minum air putih. Coba cukupi asupan cairan agar Anda lebih fokus.

3. Kopi

Secangkir kopi benar-benar dapat membangkitkan semangat saat Anda membutuhkannya. Kafein dalam kopi memiliki efek yang sangat positif pada kewaspadaan, konsentrasi, dan kemurungan, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Practical Neurology pada April 2016.

Namun, konsumsi terlalu banyak kafein, dan itu dapat menyebabkan kegugupan, yang mungkin membuat Anda merasa lebih terganggu daripada fokus. Juga, ingat bahwa kafein juga ditemukan dalam teh non-herbal, coklat, minuman energi dan bahkan beberapa obat.

4. Parprika merah

Paprika merah adalah salah satu makanan tinggi vitamin C, dan nutrisi penting ini tidak hanya menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dalam kondisi prima. Vitamin C ditemukan untuk membantu kognisi dan melindungi terhadap stres oksidatif yang terkait dengan kerusakan mental, menurut penelitian Nutricion Hospitalaria.

Faktanya, makan lebih banyak sayuran juga dapat membantu fokus Anda. Dalam uji coba dua minggu, orang dewasa muda yang secara historis tidak begitu pandai makan buah dan sayuran meningkatkan asupan mereka dua porsi sehari, melaporkan peningkatan vitalitas dan perkembangan mereka. - termasuk motivasi - menurut studi Februari 2017 di PLOS ONE.

5. Teh

Minum teh - baik hitam maupun hijau - tampaknya menawarkan sejumlah manfaat kesehatan otak, termasuk memori, kinerja kognitif, dan konsentrasi.

Sebagian manfaat berasal dari kafein dalam teh, tetapi juga ada senyawa lain dalam teh yang disebut theanine yang berperan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada Desember 2013.

Faktanya, para peneliti berpikir theanine adalah alasan bahwa teh mengungguli kafein dalam satu penelitian yang menguji tentang fokus. (*)