Picu Penyebaran Virus, Kapolres Soppeng Sarankan AC Mesjid Dimatikan

Soppeng, Berita55 -- Kapolres Soppeng AKBP Puji Saputro Bowo Leksono turut hadir dalam rapat koordinasi di Ruang Rapat Kantor Bupati Soppeng, Selasa (28/7).

Rapat koordinasi yang dipimpin langsung Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak tersebut membahas mengenai pelaksanaan hari raya Idul Adha 1441 H di tengah pandemi Covid-19.

Dalam rapat itu, Kapolres Soppeng menyarankan agar pelaksanaan salat Idhul Adha dilaksanakan di lapangan karena mayoritas masjid menggunakan AC. Sebab AC diduga dapat memicu virus corona.

Namun, bila salat Id dilaksanakan di mesjid atau dalam gedung, ia menyarankan semua AC dimatikan.

"Apabila nantinya memungkinkan pakai mesjid atau gedung kita harus memaksimalkan kapitalisasi mesjid/gedung harus 50 persen dan AC diimatikan," kata dia.

Kapolres Puji pun mengungkapkan jika pihaknya beserta TNI dan dinas kesehatan akan tetap bertugas di pintu masuk/keluar namun harus 1 titik agar tidak bersentuhan.

Ia juga menyarankan agar penceramah tidak terlalu lama di atas mimbar. "Cukup intinya saja karena lamanya orang suatu ruangan dapat memancing terjadinya penyebaran virus Covid-19," tutupnya.

Sementara, Kaswadi berharap keterlibatan TNI - Polri dalam mengawal penyemprotan disinfektan di mesjid yang akan digunakan nantinya dalam pelaksanaan salat Idul Adha.

Diketahui, turut hadir pada rapat itu Sekda Kabupaten Soppeng HA Tenri Sessu, Ketua DPRD H Saharuddin M Adam, Dandim 1423 Letkol Inf Richard M Butarbutar, Kajari Mohammad Nasir, Wakil Ketua PN, Ketua Pengadilan Agama, Zainal Farid, Kakan Kemenag dan sejumlah kepala dinas. (ril)