Kapolres Pinrang Imbau Masyarakat Tidak Takbir Keliling

Pinrang, Berita55 -- Perayaan Hari Raya Idul Adha 144I H menjadi perhatian pihak kepolisian. Di tengah pandemi Covid-19, polisi mengimbau masyarakat yang merayakan Idul Kurban untuk tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

“Jelang perayaan Hari Raya Idul Adha, Polres Pinrang mengajak dan mengimbau kepada seluruh masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan selagi masih masa Pandemi Covid-19,” kata Kapolres Pinrang AKBP Dwi Santoso, Rabu (29/7).

Lanjut, ia mengatakan protokol kesehatan ini, harus tetap dilakukan selama masa pandemi Covid-19. Terutama pada saat beribadah nanti masyarakat tetap harus memperhatikan berbagai hal. Seperti melakukan sterilisasi tempat, menjaga jarak hingga menggunakan masker.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat yang beribadah, sebaiknya membawa perlengkapan salat sendiri dari rumah. Sehingga meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Sebaiknya masyarakat yang hendak menuju ke Masjid bisa berwudhu di rumah, sehingga tidak terjadi antrean atau kerumunan di tempat ibadah," ujarnya.

Kapolres juga mengajak kepada masyarakat Pinrang untuk tidak melaksanakan takbir keliling demi mencegah berkumpulnya atau berkerumunnya massa.

“Lebih baik memperbanyak takbir dirumah saja, atau di masjid namun harus tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada," ucapnya.

Selain itu, AKBP Dwi juga menghimbau pada pelaksanaan salat Idul Adha nantinya, petugas yang mengedarkan kotak amal harus menggunakan sarung tangan, dan pelaksanaannya petugas akan mendatangi jamaah sehingga kotak amal tidak di dorong dari jamaah ke jamaah lainnya.

Sedangkan untuk teknis pemotongan hewan kurban, Kapolres Pinrang mengimbau para panitia harus mematuhi protokol pencegahan COVID-19. Selain itu, pihaknya juga mengimbau lebih baik pembagian dilakukan langsung ke rumah penerima, sehingga tidak mengumpulkan massa.

“Mengenai pemotongan hewan kurban juga sama patuhi protokol kesehatan dan kemudian pembagian harapannya diantarkan ke sasaran masyarakat penerima daging kurban ke rumah masing masing. Sehingga tidak ada antrian atau kerumunan saat pelaksanaannya nanti,” paparnya.

Meski ditengah pandemi Covid-19, Kapolres AKBP Dwi Santoso berharap Pinrang Zona Hijau tetap bisa dipertahankan, sehingga masyarakat bisa menjalankan ibadah dengan khidmat.

“Harapannya masyarakat dapat dengan khidmat melaksanakan ibadah, tetap produktif namun kesehatan terjaga, jangan sampai ada penambahan kasus baru,” pungkasnya. (hum)