Plt Gubernur Klaim 51 Persen Warga Sulsel Sudah Disuntik Vaksin Covid-19

Makassar, Berita55 - Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan sudah ada 780.766 orang atau 51,82 persen warga Sulsel yang sudah disuntik vaksin Covid-19. Sementara target sasarannya ada 1.506.638 orang.

"Alhamdulillah, sudah lebih dari 50 persen masyarakat telah divaksin. Itu data sampai 28 Juni 2021," kata Sudirman, Selasa, 29 Juni 2021.

Sasaran vaksinasi untuk tenaga kesehatan dan pelayanan publik, kata Andi Sudirman, terus berjalan. Target selanjutnya lansia lagi.

"Dengan pencapaian vaksinasi itu, kita terus kejar target bersama. Utamanya vaksinasi bagi para lansia yang saat ini telah divaksin 71.293 atau 9,46% dari target sasaran," bebernya.

Ia mengaku vaksinasi akan terus massif dilakukan. Semakin cepat, maka akan semakin baik.

Menurutnya, vaksin ini salah satu upaya pemerintah dalam menangani masalah Covid-19. Apalagi dengan munculnya virus varian baru.

"Kami mengapresiasi seluruh pihak, mulai dari tenaga kesehatan serta aparat TNI dan Polri yang bersama membantu pelaksanaan vaksinasi ini".

Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam pengendalian Covid-19, kata Sudirman, diantaranya penguatan pengawasan di posko PPKM di desa/kelurahan.

Kemudian, melaksanakan pemeriksaan kembali kedatangan penumpang di bandara dan pelabuhan dengan cara random menggunakan swab antigen. Serta menghimbau masyarakat untuk membatasi perjalanan menuju wilayah (provinsi/ Kab/ kota) yang tergolong zona merah.

Selain upaya penanganan pandemi Covid-19, dirinya pun berharap, sistem perekonomian tetap bisa berjalan dalam upaya pemulihan ekonomi dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

"Yang terpenting bagaimana untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat, menjaga imun dengan makanan dan minuman yang bergizi, serta senantiasa berdoa agar diberi keselamatan dan kesehatan dalam menjalani aktivitas," pungkasnya.

Pemkot Makassar Beri Bimbingan Teknis Tenaga Layanan GeNose C19

Layanan GeNose C19 akan dilakukan oleh Pemerintah Kota Makassar pada tingkat kelurahan. Itu dilakukan untuk screening Covid-19 kepada warga.

Plt Kadis Kesehatan Makassar dr Andi Hadijah Iriani mengatakan mereka yang yang diberi bimtek pengunaan alat GeNose C19 adalah tim Satgas Detektor Makassar Recover. Bertugas di 153 Kelurahan.

"Setiap alat GeNose C19 disiapkan dua orang SDM, satu dari kelurahan satu dari puskesmas. Jadi jumlah yang dilibatkan sebanyak 306 di 153 kelurahan," kata Iriani.

Untuk memantapkan pengunaan alat GeNose C19, Dinas Kesehatan Kota Makassar akan kembali melakukan bimbingan teknis satu kali lagi.

"Saya lihat mereka cepat paham pengunaan alat ini dan sudah tahu cara pengambilan napas dalam kantong. Tapi agar agar lebih mantap lagi, kami akan lakukan bintek satu kali lagi," ucap dr Andi Hadijah Iriani.

Untuk mencegah penyebaran covid Pemerintah kota Makassar akan melakukan screening massal di setiap kelurahan yang akan dimulai pada tanggal satu 1 juni nanti. (*)