Pelatih Ansan Puji Penampilan Asnawi Sebagai Starter

Jakarta, Berita55 -- Pelatih Ansan Greeners Kim Gil Sik memuji penampilan pemain muda Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar. Ia menyebut penampilan Asnawi tidak kalah dengan pemain Korea.

Asnawi dimainkan sebagai starter saat Ansan menang 1-0 atas tim kasta keempat Korsel, Yangpyeong FC, Minggu (28/3). Ia ditempatkan di posisi favoritnya sebagai bek kanan dan bermain selama 90 menit.

Ditanya mengenai penampilan Asnawi, Kim Gil Sik menyebut pemain muda Indonesia itu tidak kalah dari pemain Korea Selatan.

"Asnawi tidak kalah dengan pemain Korea dalam hal kecepatan dan daya juang. Saya pikir itu akan menunjukkan tampilan yang lebih baik di masa mendatang," kata Kim Gil Sik dikutip dari sport-g.com.

Namun, Asunawi masih membutuhkan kerja keras untuk beradaptasi dengan permainan Korea Selatan.

"Asnawi akan lebih baik dari pemain seperti Luong Xuan Truong (pemain Vietnam di Korea Selatan) jika ia bisa menyesuaikan dalam hal kecepatan dan fisik dengan rekan satu timnya," kata Kim Gil Sik.

Menurutnya, jika Asnawi bisa bermain dengan kekuatan seperti pemain Korea, maka dia bisa memiliki karier yang baik di K-League di masa depan.

"Sejujurnya, saya berusaha untuk tidak terlalu membebani Asnawi. Jelas terlihat Asnawi merasa terbebani. Kami juga bukan tim yang kuat, tapi kami ingin stabil. Di sisi lain, sifat Asnawi yang agresif. Kecenderungan yang kuat untuk menjadi agresif," ucap Kim Gil Sik.

Asnawi mencetak sejarah di Negeri Ginseng sebagai pemain Indonesia pertama yang tampil di laga kompetitif bersama klub Korsel.

Di laga debutnya, Asnawi tampak masih beradaptasi dengan iklim sepak bola Korsel. Pemain berusia 21 itu jarang terlihat melakukan penetrasi ke daerah pertahanan lawan seperti yang kerap dilakukannya bersama Timnas Indonesia U-23 atau PSM.

Asnawi bermain sangat hati-hati. Ia hanya sesekali melakukan gerakan mengelabui lawan dan kerap dipaksa bekerja keras untuk menutup sektor kanan pertahanan Ansan.

Asnawi menandatangani kontrak selama satu tahun dengan opsi perpanjangan bersama Ansan pada 19 Januari lalu. Di Ansan, Asnawi masuk untuk memenuhi kuota pemain ASEAN di Liga Korsel. (*)