Austria Berpotensi Redam Italia di 16 Besar Euro 2020

Jakarta, Berita55 -- Austria akan menghadapi tim favorit juara, Italia pada babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Wembley, London, Minggu (27/6) dini hari WIB.

Austria secara kualitas berada di bawah Italia. Hal itu tergambar dari pencapaian kedua tim sepanjang babak penyisihan grup.

Italia mengukir torehan sempurna dengan tiga kemenangan beruntun, sedangkan Austria lolos mendampingi Belanda ke fase gugur. Meski begitu, Austria tetap memiliki peluang untuk membuat kejutan di laga nanti.

Ketiadaan Chiellini

Chiellini mengalami cedera otot saat Italia menghadapi Swiss pada matchday kedua Grup A. Meski sudah pulih, Chiellini dikabarkan tidak akan bisa bermain sebagai starter melawan Austria.

Kabar ini bagus buat Austria. Absennya Chiellini membuat Bonucci kehilangan tandem sehati di jantung pertahanan.

Italia memang masih punya Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni, dan Rafael Toloi. Namun, tanpa Chiellini lubang di pertahanan Italia berpotensi tercipta.

Faktor Alaba

Alaba tak dipungkiri adalah pemain terpenting Austria di turnamen ini. Ban kapten yang melingkar di lengannya dan kontribusinya sejauh ini membuktikan hal tersebut.

Alaba sudah memberikan dua assist di turnamen ini. Selain punya akurasi umpan bagus, Alaba piawai dalam mengeksekusi bola mati.

Kelebihan Alaba ini berpotensi besar membuat Italia kesulitan. Jika dimainkan sebagai pemain sayap, Alaba akan jadi ancaman Gli Azzuri melalui umpan-umpan silang yang ia kirimkan dari sisi kiri penyerangan.

Kemampuan Menghambat Aliran Bola Gli Azzurri

Austria menyiapkan taktik untuk mematikan gelandang Italia, Jorginho di laga nanti. Jika ini bisa dilakukan, Austria bisa memenangi pertandingan.

Jorginho merupakan sosok kunci di lini tengah Italia sepanjang babak penyisihan grup. Perannya sebagai deep-lying playmaker begitu penting buat Gli Azzurri.

Marcel Sabitzer bakal diplot untuk mematikan pergerakan Jorginho. Andai strategi ini berjalan, Austria punya kans besar untuk melangkah ke perempat final Euro 2020. (*)