Ops Patuh 2020, Polrestabes Makassar Kedepankan Tindakan Persuasif dan Humanis

Makassar, Berita55 -- Sat Lantas Polrestabes Makassar menggelar operasi patuh 2020 dengan mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis dalam pelaksanaannya.

“Operasi Patuh 2020 mengedepankan persuasif dan humanis dengan tema Cipta Kondisi Kamseltibcar Lantas Pasca Idul Adha 1441 H, ditengah mewabahnya Covid-19,” kata Kasubbag Humas Polrestabes Makassar Kompol Edhy Supriadi, Jumat (24/7/2020).

Ia menuturkan, operasi patuh dilakukan persuasif dan humanis karena dilaksanakan di masa pandemi Covid-19.

Diketahui, dalam pelaksanaannya ada 15 target sasaran yakni menggunakan handphone saat berkendara, berkendara di atas trotoar, melawan arus, mengemudi di jalur busway, melintas di bahu jalan, pengendara roda dua melintas atau masuk jalan tol serta melintas di jalan layang non-Tol.

Lalu, mengemudikan kendaraan bermotor melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL). Pengemudi yang tidak memberikan prioritas kepada pengguna jalan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan.

Serta,mengemudikan kendaraan bermotor melebihi batas kecepatan, tidak menggunakan helm SNI, tidak menyalakan lampu utama pada malam hari, membiarkan penumpang tidak menggunakan helm.

Selanjutnya, mengemudikan kendaraan bermotor pada perlintasan kereta api yang tidak berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup. Terakhir, mengemudikan kendaraan bermotor berbalapan di jalan. (hum)