Australia Open: Novak Djokovic Lolos ke Final

Jakarta, Berita55 -- Novak Djokovic berhasil melangkah ke final Australia Open usai menyingkirkan petenis non unggulan, Aslan Karatsev dengan 6-3,6-4, 6-2 di Rod Laver Arena, Melbourne, Kamis (18/2) waktu setempat.

Keberhasilan melangkah ke partai final ini jadi yang kesembilan kalinya buat Djokovic. Di partai puncak, petenis asal Serbia itu akan bertemu Daniil Medvedev atau Stefanos Tsitsipas yang baru akan bertanding di semifinal pada Jumat (19/2).

Djokovic tampil bagus dalam bertahan di babak semifinal ini. Nole, sapaan akrab Djokovic membuat Karatsev yang lolos dari jalur kualifikasi kesulitan sehingga kerap membuat kesalahan sendiri.

Djokovic hanya membuat satu kesalahan sendiri dari pertandingan yang berlangsung tiga set. Penampilan yang nyaris sempurna itu membuat Karatsev tidak bisa berbuat banyak untuk membendung laju Djokovic.

Di pertandingan ini, Djokovic tercatat membukukan 17 ace berbanding hanya enam yang dibuat Karatsev. Djokovic menyudahi perlawanan Karatsev lewat pertandingan yang berlangsung hampir dua jam.

"Ini yang terbaik saya rasakan sepanjang turnamen. Saya merasa luar biasa, saya bisa memukul bola dengan enak. Tidak ada rasa sakit. Pertandingan terbaik sejauh ini dan datang di saat yang tepat," ujar Djokovic seusai pertandingan yang sempat mengalami cedera perut di babak sebelumnya.

Djokovic kini mengejar gelar kesembilan di Australia Open. Juara di turnamen grand slam ini akan membuat Djokovic meraih gelar grand slam ke-18 atau berselisih dua gelar dari Roger Federer dan Rafael Nadal yang sama-sama telah meraih 20 gelar grand slam.

Sementara itu, Karatsev tersingkir dengan kepala tegak. Petenis asal Rusia itu telah membuat pencapaian luar biasa dengan lolos hingga semifinal setelah berjuang sejak babak kualifikasi.

Karatsev diprediksi akan mengalami lonjakan peringkat signifikan. Petenis ranking 114 dunia itu diyakini akan menempati ranking 42 dunia usai Australia Open. (*)