Trump Tak Dapat Gabung Serikat Aktor usai Mundur

Jakarta , Berita55 -- Donald Trump tak akan bisa bergabung lagi dengan serikat aktor Amerika Serikat (SAG-AFTRA) setelah mengundurkan diri dengan cara yang dianggap tak layak.

Dewan Nasional SAG-AFTRA mengumumkan langsung keputusan tersebut melalui pernyataan bersama bertanggal Minggu (7/2).

"Melarang Donald Trump bergabung kembali dengan SAG-AFTRA merupakan langkah simbolis," demikian pernyataan SAG-AFTRA yang dikutip The Hollywood Reporter.

"Keputusan ini memperkuat pernyataan kami bahwa ancaman atau memicu kekerasan terhadap anggota lain tak bisa ditoleransi. Serangan terhadap satu orang merupakan serangan terhadap semuanya."

SAG-AFTRA mengambil keputusan ini beberapa hari setelah Trump menyatakan pengunduran dirinya melalui surat kepada presiden serikat tersebut, Gabrielle Carteris.

Surat ini dilayangkan tak lama setelah dewan pemimpin SAG-AFTRA menggelar pemungutan suara yang hasilnya menyatakan bahwa sikap Trump mendukung demonstrasi ricuh di gedung parlemen di akhir masa jabatannya sangat bertentangan dengan prinsip serikat.

"Saya menulis surat kepada Anda terkait rapat Komite Pendisiplinan yang bertujuan untuk mencabut keanggotaan saya. Saya tak peduli!" tulis Trump di awal surat tersebut.

Trump kemudian menyatakan bahwa ia tak mengetahui hasil karya Carteris. Ia pun membanggakan sederet karya yang menampilkan dirinya, seperti Home Alone 2, Zoolander, The Fresh Prince of Bel-Air, Saturday Night Live, juga The Apprentice.

"Saya juga sangat membantu bisnis televisi (yang katanya sekarat sebelum saya terjun ke politik), dan menciptakan ribuan pekerjaan di saluran-saluran seperti MSDNC dan Fake News CNN, dan lain-lain," tulis Trump.

Ia kemudian menuding bahwa SAG-AFTRA sengaja menggelar rapat untuk mendepaknya demi mengalihkan perhatian media dari kegagalan mereka melindungi anggota serikat.

"Organisasi Anda tak melakukan apa-apa untuk anggotanya, juga untuk saya, kecuali mengumpulkan iuran dan mempromosikan gagasan dan kebijakan yang tidak Amerika, seperti terlihat dalam tingkat pengangguran kalian dan tuntutan dari aktor-aktor ternama, yang bahkan merekam video sambil bertanya, Mengapa serikat tidak berjuang untuk saya?"

Trump merujuk pada video yang diunggah sejumlah selebritas, seperti Mark Hamill, Whoopi Goldberg, dan Morgan Freeman. Dalam video itu, mereka mengkritik rencana pemangkasan skema bantuan kesehatan SAG-AFTRA.

"Mengapa serikat ini tak berjuang untuk saya?" tanya Goldberg dalam video itu.

Di akhir surat pengunduran dirinya ini, Trump pun menuliskan, "Anda tak melakukan apa-apa untuk saya." (com)