Banjir Dukungan Karangan Bunga Mengalir ke Moeldoko

Jakarta, Berita55 -- Gejolak internal Partai Demokrat mengundang beragam reaksi masyarakat. Menurut koordinator nasional dari organisasi jaringan dai muda, Jaringan Islam Kebangsaan (JIK), Irfaan Sanoesi, beragam reaksi masyarakat terkait isu kudeta di Demokrat yang menyeret nama Moeldoko justru mengundang simpati masyarakat kepada Kepala Kantor Staf Presiden tersebut.

Dia menilai, reaksi masyarakat yang mengirim banyak karangan bunga contohnya. Ia klaim sebagai bentuk simpati masyarakat kepada Moeldoko.

“Fenomena karangan bunga ini populer ketika Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) sesaat setelah menerima vonis di pengadilan. Masyarakat menganggap Ahok dizalimi sehingga mereka mengekspresikan rasa cinta kepadanya dengan karangan bunga," kata Irfaan, Rabu (10/2).

Dia juga menganggap suasana lini masa yang mulai dijejali trending terkait isu kudeta Partai Demokrat, mayoritas cuitan mereka berupa cuitan simpati dan dukungan kepada Moeldoko. “Saya perhatikan di lini masa media sosial, banyak karangan bunga yang dikirim masyarakat kepada Pak Moeldoko. Bisa jadi itu adalah simpati masyarakat atas kejadian yang menimpanya,” kata dia.

“Masyarakat mengekspresikan rasa simpati dan dukungannya kepada Pak Moeldoko menggunakan media sosial hingga menjadi trending seperti #MoeldokoDidukung yang sempat menjadi trending topic Indonesia peringkat pertama selama beberapa jam pada Selasa pagi (9/1). Fenomena ini menjadi bukti bahwa Pak Moeldoko menjadi bahan pembicaraan publik secara positif selama isu kudeta Demokrat ini bergulir dan mengekspresikannya melalui saluran media sosial,” ujar dia menambahkan. (rob)