5 Manfaat dari Mengonsumsi Cokelat

Jakarta, Berita55 -- Cokelat adalah suguhan manis yang memberimu dorongan energi instan. Coklat sering dianggap sebagai makanan untuk menenangkan jiwa dan meningkatkan suasana hati.

Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan kepada kita bahwa cokelat bisa baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Tentu saja, tidak dapat disangkal bahwa segala sesuatu yang berlebihan selalu membawa masalah dan memiliki efek samping tertentu.

Demikian pula cokelat bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gigi berlubang atau diabetes. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi coklat hitam yang perlu di ketahui.

Mengurangi Penyakit Kardiovaskular

Makan cokelat, terutama cokelat hitam secara teratur dapat mengurangi peluang terkena penyakit kardiovaskular dan menyelamatkanmu dari stroke jantung. Dikombinasikan dengan makanan sehat, cokelat hitam dapat menyelamatkanmu dari serangan jantung.

Meredakan Peradangan

Peradangan dapat disebabkan di mana saja di tubuhmu, dirimu dapat mengalami nyeri otot, sakit kepala, atau penyakit parah melalui peradangan. Cokelat mengandung flavonoid dan kakao yang bertindak sebagai antioksidan dan membantu mengurangi peradangan di tubuh.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Asupan cokelat secara teratur yang mengandung flavanol kakao memberikan manfaat besar bagi fungsi kognitif tubuh. Ini dapat meningkatkan tingkat fokus, perhatian, kecepatan, kelancaran verbal, dan kerja memori.

Menigkatkan Suasana Hati

Cokelat hitam secara khusus mengandung bahan yang membuat seseorang merasa bahagia yang juga diciptakan oleh tubuh secara alami. Cokelat ini mengandung sejumlah serotonin, neurotransmitter dan triptofan yang membuatmu bahagia dan pingsan setelah makan cokelat. Oleh karena itu, ini dikaitkan sebagai makanan bahagia yang bisa dimakan untuk memerangi perasaan sedih dan cemas.

Memberikan Energi untuk Tubuh

Jika dirimu memiliki tekanan darah rendah atau merasa lesu, cokelat dapat langsung meningkatkan tingkat energimu. Cokelat mengandung sejumlah kafein dan theobromine yang membantu memberimu dorongan energi.

Tentunya cokelat hanya boleh dikonsumsi dalam kadar yang cukup. Jangan berlebihan untuk menjaga kesehatan tubuh lainnya. (*)