Sothebys Lelang Sepatu Nike Olimpiade 1960 Buatan Harry Jerome

Jakarta, Berita55 -- Di hari pembukaan Olimpiade Jepang bulan ini, Sothebys akan menjual sepatu lari yang dibuat oleh salah satu pendiri Nike untuk Olimpiade 1960-an Harry Jerome dapat mencapai US$1 juta.

Sepasang sepatu langka yang dirancang oleh Bill Bowerman untuk Jerome, seorang sprinter Kanada yang berhasil memenangkan perunggu 100 meter di Olimpiade Tokyo 1964 memiliki panah merah yang merupakan awal dari logo Nike yang terkenal.

Sothebys di New York akan menjual sepatu bertali putih secara online mulai 23 Juli hingga 2 Agustus. Rumah lelang memperkirakan bahwa mereka bisa mendapatkan antara US$800 ribu dan 1,2 juta dolar.

Pada bulan April, sepasang Nike Air Yeezy 1 yang dikenakan oleh rapper Kanye West terjual seharga US$1,8 juta, tiga kali lipat dari rekor sebelumnya untuk sepatu kets.

Sepatu tersebut mengalahkan rekor yang dipegang oleh sepasang sepatu Nike Air Jordan 1 yang terjual seharga US$615.000 pada Agustus 2020 di lelang Christie.

Sothebys menyebut sepatu tersebut, "mewakili babak penting dalam asal usul merek Nike."

Rumah lelang juga menjual sepasang sepatu kets Converse Fastbreak yang dipakai legenda bola basket Michael Jordan selama uji coba Olimpiade 1984. Mereka diharapkan terjual hingga US$100.000. (*)