Usai Tendang Pembalap Indonesia, McPhee Minta Maaf

Jakarta, Berita55 -- Pembalap Petronas Sprinta Moto3 John McPhee minta maaf setelah menendang dan mendorong pembalap Indonesia Gresini Jeremy Alcoba di Moto3 Doha 2021, Minggu (4/4).

McPhee dan Alcoba mendapat hukuman dari FIM karena berkelahi di Moto3 Doha. McPhee dihukum penalti start pitlane 10 detik dari start pitlane normal, sedangkan Alcoba 5 detik dari start pitlane normal. Kedua pembalap juga didenda 1.000 euro.

McPhee mengaku bersalah telah menendang Alcoba. Pembalap asal Skotlandia itu tersulut emosi setelah dua kali beruntun gagal finis di Moto3 Qatar dan Moto3 Doha.

"Saya biarkan emosi mengambil alih saya di Qatar, setelah dua kali beruntun terjatuh karena kesalahan pembalap lain. Saya harus minta maaf atas perilaku saya, saya tidak bereaksi dengan benar usai insiden," ujar McPhee melalui Instagram.

"Ini olahraga penuh adrenalin dan penuh bahaya. Kepala saya terkena sepeda motor lawan dan hal itu memicu karakter yang tidak sesuai dari saya. Saya ingin minta maaf kepada fans, tim, Petronas, dan partner. Saya menerima hukuman dan fokus ke GP Portugal," ucap McPhee.

McPhee dan Alcoba terlibat kecelakaan saat balapan Moto3 Doha menyisakan empat lap. Alcoba berusaha menghindari Darryn Binder yang mengerem secara mendadak di depannya dalam perebutan posisi pertama. Binder merupakan rekan setim McPhee di Petronas Sprinta.

Tanpa kecelakaan tersebut Alcoba berpeluang meraih kemenangan, atau setidaknya finis podium, di Moto3 Doha. Lewat akun Instagram, pembalap 19 tahun asal Spanyol tersebut mengungkapkan kekesalan terhadap Binder dan McPhee.

"Empat lap terakhir saya terjatuh, saya tidak yakin apakah itu kesalahan saya, karena saya berusaha mempertahankan posisi kedua, atau karena pembalap di depan saya mengerem sangat keras dan menutup jalur saya. Karena itu saya terjatuh dan motor saya mengenai pembalap lain," ucap Alcoba.

"Faktanya dalam balapan selanjutnya saya mendapatkan hukuman start dari pitlane dengan 5 detik usai start normal pitlane. Semua karena pembalap lain berpikir saya sengaja menjatuhkan sepeda motor. Dia [McPhee] mendorong dan menendang saya. Tapi, saya akan berusaha belajar dari kesalahan dan bekerja keras untuk meraih kemenangan," sambung Alcoba.

Rekan setim Alcoba di Indonesia Gresini, Gabriel Rodrigo, juga tidak beruntung di Moto3 Doha. Sempat memimpin balapan di tiga lap terakhir, Rodrigo gagal finis sepuluh besar di Moto3 Doha setelah bersenggolan dengan Jaume Masia. (*)