MSCHF Dilarang Produksi Sepatu Setan

Jakarta, Berita55 -- Usai diperkarakan ke pengadilan oleh Nike, pembuat sepatu setan Lil Nas X, MSCHF diperintahkan untuk berhenti menjual sepatu tersebut.

Label pakaian olahraga raksasa ini mengguggat MSCHF Product Studio setelah mereka merilis 666 pasang sepatu Nike Air Max 97s hitam dengan tambahan pentagram perunggu, ayat Alkitab yang merujuk pada kejatuhan Setan. Sepatu itu juga ditambahkan dengan tetesan darah manusia yang dicampur dengan tinta merah di bagian midsole.

Pada hari Kamis, seorang hakim federal AS mengabulkan mosi Nike untuk perintah penahanan sementara, melarang MSCHF yang berbasis di Brooklyn memenuhi pesanan untuk sepatu dan selanjutnya menggunakan merek dagang Nike.

Hakim mengatakan Nike telah menunjukkan bahwa tindakan MSCHF "cenderung membingungkan, dan mungkin membingungkan, konsumen tentang asal, sponsor, atau persetujuan" dari sepatu, dan bahwa mereka akan "mencairkan dan menodai" merek Nike, menyebabkan "kerusakan yang tidak dapat diperbaiki" tanpa perintah penahanan dikutip dari AFP.

Menanggapi hal tersebut, MSCHF menegaskan bahwa sepatu adalah karya seni dan produksinya berada di bawah kebebasan berekspresi.

"Tidak ada cara yang lebih baik untuk memulai percakapan tentang budaya konsumen selain dengan berpartisipasi dalam budaya konsumen," katanya dalam sebuah pernyataan, Kamis.

MSCHF menambahkan bahwa mereka "benar-benar terkejut" dengan tindakan Nike, dan "berharap dapat bekerja sama dengan Nike dan pengadilan untuk menyelesaikan kasus ini."

Perintah penahanan sementara akan diberlakukan sampai hasil dari mosi Nike untuk perintah pendahuluan diputuskan, dengan MSCHF diperintahkan untuk hadir pada 14 April untuk menyelesaikan kasusnya. (*)