Tim Dokter Rusia Rampungkan Operasi di Tengah Kebakaran

Jakarta, Berita55 -- Tim dokter berhasil menyelesaikan operasi bedah jantung terbuka di salah satu rumah sakit yang terbakar di Rusia.

Kala itu, operasi berlangsung bersamaan dengan petugas kebakaran yang tengah sibuk memadamkan api dari luar. Namun, tim dokter yang mengetahui kondisi tersebut memutuskan untuk tetap melakukan operasi di lantai dasar rumah sakit.

"Kami harus menyelamatkan pasien ini dan kami melakukan segalanya," kata Kepala Unit Bedah Kardio, Valentin Filatov, dilansir dari AFP, Senin (5/1).

Bangunan rumah sakit yang beratap kayu di kota Blagoveshchensk di timur Rusia tersebut terbakar pada Jumat (2/1) waktu setempat. Sebanyak 60 pasien dievakuasi karena daerah sekitar dipenuhi asap.

Otoritas setempat mengatakan, listrik yang digunakan di ruang operasi disediakan dengan kabel yang terpisah sehingga asap dipastikan tak menyebar ke ruang operasi.

"Setelah selesai operasi, pasien dievakuasi dari gedung yang terbakar ke rumah sakit lain," kata otoritas setempat.

Salah satu dokter yang bertugas di rumah sakit tersebut, Antonina Smolina mengatakan, saat kebakaran terjadi para staf menaati prosedur penyelamatan sehingga tak ada kepanikan.

"Tidak ada kepanikan di antara staf rumah sakit," tuturnya.

Sejauh ini, kebakaran diduga disebabkan oleh masalah listrik. Tidak ada korban jiwa dilaporkan dalam peristiwa ini.

Para dokter yang berhasil menyelesaikan operasi bedah jantung dan pemadam yang bertugas juga dijanjikan penghargaan oleh otoritas setempat. (*)