Final NBA 2021: Milwaukee Bucks Tantang Phoenix Suns

Jakarta, Berita55 -- Milwaukee Bucks akan menantang Phoenix Suns sebagai juara play-off wilayah barat di Final NBA 2021 usai mengalahkan Atlanta Hawks dengan skor 4-2 di play-off wilayah timur, Minggu (4/7).

Pada gim ke-6 final play-off wilayah timur itu Bucks menang dengan skor 118-107. Kris Middleton menjadi bintang permainan Bucks dengan melesakkan 32 poin. Small forward 22 tahun ini mengisi absennya Giannis Antetokounmpo.

Pada saat yang sama bintang Hawks, Trae Young, kembali tampil setelah absen dalam dua pertandingan karena cedera tulang di kaki kanan. Namun, bintang muda kesulitan menciptakan angka dan gagal membuat Hawk mengejar ketertinggalan.

Cam Reddish, yang melewatkan sebagian besar musim ini karena cedera Achilles, juga tak bisa banyak membantu Hawks. Meski menyumbang 21 poin yang enam di antaranya lewat lemparan tiga angka, tak bisa menghalau dominasi Bucks.

Kesuksesan ini sekaligus membuat Bucks mengulang kisah di NBA 1974. Walau akhirnya Bucks kalah 3-4 dari Celtics di final, itu menjadi pencapaian terbaik tim kelahiran 1968 ini. Bintang Bucks pada era tersebut adalah Kareem Abdul-Jabbar.

Pelatih Milwaukee Bucks, Mike Budenholzer, yang sebelumnya sempat menangani Atlanta Hawks, menyebut anak asuhnya pantas melaju ke babak final. Secara materi mereka tak kalah cemerlang, dan soliditas permainan cukup tinggi.

"Orang-orang ini [pemain] telah bekerja sepanjang tahun. Mereka layak melaju ke final. Saya sangat bangga dengan mereka. Saya suka melatih mereka. Kami punya lebih banyak pekerjaan [di Final NBA 2021] yang harus dilakukan," kata Budenholzer.

Sebelum mengalahkan Hawks, Bucks juga menyingkirkan Brooklyn Nets, dan Boston Celtics pada babak play-off. Sedangkan pada fase Konferensi Timur Bucks menempati peringkat ketiga, di bawah Philadelphia 76ers dan Brooklyn Nets.

Sementara Suns lolos ke Final NBA 2021 setelah menumbangkan LA Clippers dengan skor 4-2. Sebelum itu tim asuhan Monty Williams ini menyingkirkan Denver Nuggets dan LA Lakers pada babak play-off wilayah Barat.

Pertandingan Final NBA 2021 akan berlangsung mulai Selasa (6/7) waktu Amerika atau Rabu (7/7) waktu Indonesia. Pertandingan ini akan berlangsung di Phoenix Suns Arena, Phoenix, Arizona. (*)