Harga Obat Terapi Covid Ivermectin Selangit di e-Commerce

Jakarta, Berita55 -- Ivermectin naik daun menjadi salah satu obat terapi covid-19 yang paling banyak diburu masyarakat. Khususnya, setelah Menteri BUMN Erick Thohir mengklaim Ivermectin telah mendapatkan izin edar sebagai obat terapi covid-19 di tengah lonjakan kasus.

Erick ingin obat racikan PT Indofarma Tbk, anak usaha PT Bio Farma (Persero), itu sebagai salah satu obat murah bagi masyarakat dalam melawan covid-19.

Tapi, kenyataannya, harga obat ini dijual bervariasi di pasar, dengan kecenderungan lebih mahal di e-commerce ketimbang apotek.

Apotek Kimia Farma di kawasan Cinere, Depok, misalnya, menjual Ivermectin buatan Indofarma seharga Rp7.500 per butir. Harga ini tidak jauh berbeda dari harga yang dipatok Erick, yaitu Rp5.000 sampai Rp7.000 per butir.

Penjualan harus dilakukan sesuai resep dokter yang disertakan oleh para pembeli. Saat ini, rata-rata pembelian obat Ivermectin umumnya sekitar 10-15 butir per resep.

"Kami jualnya sesuai resep. Wajib pakai resep dokter karena sekarang diminta buat pelaporan pengeluarannya. Jadi, sekarang dipantau dari pusat untuk pengadaan Ivermectin ini, jadi lebih ketat dan takut ada penyalahgunaan juga kalau tak sesuai indikasi resep ke pasien," kata salah satu apoteker yang enggan disebutkan namanya, Jumat (2/7).

Selain Ivermectin keluaran Indofarma, Apotek Kimia Farma juga menjual obat sejenis dengan merek berbeda, yaitu Ivermax. Tetapi, harganya lebih mahal, yaitu Rp28 ribu per butir.

Kendati mahal, namun pembelian Ivermax rupanya cukup laris. Menurutnya, hal ini karena stok Ivermax lebih banyak dan datang lebih cepat dibandingkan Ivermectin buatan Indofarma.

"(Ivermectin) sudah lumayan (diburu sekarang). Tapi karena kemarin yang ready duluan baranganya Ivermax, jadi tetap dibeli. Bahkan, sehari sempat terjual lima kotak (box) setara 50 butir," ucapnya.

Namun, berbeda dengan apotek, harga Ivermectin melambung tinggi di e-commerce, misalnya aplikasi kesehatan Halodoc. Saat ini, harga Ivermectin buatan Indofarma dijual dengan harga mulai dari Rp190 ribu per botol berkapasitas 20 butir.

Artinya, harga Ivermectin sekitar Rp9.500 per butir atau lebih tinggi dari apotek. Pembeliannya juga harus menyertakan resep dokter seperti halnya membeli langsung di apotek.

Sementara, Ivermax dibanderol mulai Rp261,8 ribu per 10 butir, sehingga harganya Rp26 ribu per butir atau lebih murah dari apotek.

Di e-commerce, seperti Blibli.com, Shopee, dan Tokopedia harga Ivermectin dipatok lebih tinggi. Di Blibli.com, hanya tersedia Ivermax dengan harga Rp650 ribu per strip berkapasitas 10 butir. Artinya, harganya Rp65 ribu per butir.

Sedangkan di Shopee, harga Ivermax dijual sekitar Rp265 ribu sampai Rp279 ribu per 10 butir atau Rp26,5 ribu hingga Rp27,9 ribu per butir.

Di Tokopedia, harga Ivermax dibanderol Rp250 ribu sampai Rp298 ribu per 10 butir atau Rp25 ribu hingga Rp29,8 ribu per butir. (*)