KONI Sulsel Janjikan Rp30 Juta Bagi Atlet Peraih Emas PON Papua

Makassar, Berita55 - Ratusan atlet Sulsel siap berlaga pada Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua. Jika juara, Pemprov Sulsel sudah menyiapkan penghargaan berupa uang kepada setiap atlet.

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan hadiah bagi atlet yang juara. Untuk peraih medali emas, akan diberi Rp 30 juta.

"Kita beri hadiah yang juara. Saya tidak pernah janji, tapi tingkat MTQ saja dulu Rp 8 juta. Kalau saya, saya kasih 30 juta," ujar Sudirman, Kamis, 1 Juli 2021.

Andi Sudirman mengatakan usaha para atlet perlu dihargai. Makanya, ia meminta para atlet bisa melakukan yang terbaik.

"Mereka kasihan sudah berusaha keras, dan berprestasi. Maka ini harus jadi perhatian," tuturnya.

Sulsel sendiri menargetkan bisa masuk 10 besar pada PON XX tahun ini. Setidaknya ada beberapa cabang olahraga yang jadi andalan Sulsel.

Ada karate, takraw, atletik, dayung, dan angkat besi. Sulsel menargetkan bisa meraih medali emas di cabor ini.

Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Pemprov Sulsel Muchlis Mallajareng menambahkan ada 201 orang atlet yang akan berlaga di PON Papua. Mereka akan bermain di 32 cabang olahraga.

"Ada 201 atlet, 36 pelatih, dan 15 satgas PON dan Monev yang akan berangkat," ujar Muchlis.

Hari ini, para atlet, pelatih, asisten pelatih dan mekanik akan divaksin di KOR Sudiang. Hal tersebut jadi salah satu syarat bagi para peserta PON XX.

"Jadi syaratnya pas mendarat di bandara, langsung pemeriksaan. Yang sudah mengantongi sertifikat vaksin yang boleh masuk," tuturnya.

Ia mengaku vaksin ke dua akan digelar pada 15 Juli mendatang. Proses vaksinasi tetap memperhatikan protokol kesehatan. (*)